MIN 2 Kota Madiun Juara 3 Kategori The Best Technology dalam 4th Madrasah Robotics Competition 2018

Kota Madiun (MIN 2). Tim Robotik MIN 2 Kota Madiun mengirimkan satu timnya yang beranggotakan Aurellia Luna Zahrani, dan Calista Amanda Putri dari kelas 5C menjadi juara  3 kategori  The Best Technology dalam  4thMadrasah Robotics Competition 2018. Tim dari MIN 2 ini menggunakan model Lego EV3 yang telah berhasil mengantarkannya menjadi juara  rancang bangun mesin otomatis bencana.

Robot Rancang bangun dengan model lego EV3 ini merupakan robot evakuasi multifungsi yang dapat mengevakuasi dengan efektif sangat cepat berupa reruntuhan serta korban bencana seperti misalnya banjir dan tsunami. Robot ini menggunakan sensor warna dalam mengidentifikasi benda yang ada didepannya. Ketika menemui benda yang memerlukan evakuasi maka dengan cepat robot ini memutar gerigi pencapitnya untuk segera memindahkan korban atau benda. Model robot init erinspirasi dari banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia.

Proses keikutsertaan kompetisi diawali dengan pengiriman proposal dan video tentang robot, dalam skalanasional hanya dipilih 20 tim dari MI, MTs, dan MA dengan total 60 tim yang diundang untuk presentasi di Depok Town Square. Untuk temakompetisi tingkat MI adalah robot rancang bangun mesin otomatis bencana.

Madrasah Robotics Competition merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama pusat yang merupakan program unggulan Direktorat KSKK. Tahun 2018 merupakan event ke-4nya dengan lokasi lomba DepokTown Square, kota Depok. Acara yang berlangsung tanggal 03 hingga 04 November 2018 ini dihadiri langsungoleh Menteri Agama RI Bapak Lukman Hakim Saifuddin. Agenda selama 2 hari mencakup Registrasi peserta, Technical Meeting, Test arena dan Setting Robot, Penjurian Rancang Bangun I, II, III, dan penutupan.

Kompetisi tersebut berlangsung menegangkan, dengan adanya penjurian rancang bangun hingga 3 kali proses yaitu rancang bangun I, II, dan III. “Ikut deg-degan ketika anak-anak harus presentasi/demo robot dan tanyajawab dan ketika ada error tidak diperbolehkan membantu dan mengingatkan danternyata mereka berhasil mengatasi dan melakukan presentasi dengan baik, dan bagi adik-adik kelas yang ikut ekskul robotics, ayo belajar lebih semangat supaya tahun depan bias ikut dan hasilnya lebih bagus lagi “ ungkap bu Anis Elnawati selaku pendampingl omba. Semoga dengan prestasi yang diraih oleh tim Robotik dapat memberikan inspirasi bagi para siswa untuk senantiasa memaksimalkan potensi sehingga mampu membawa harum MIN  2 Kota Madiun melalui prestasi-prestasi yang gemilang.(Ikrom)

30Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *