MIN 2 Kota Madiun Selenggarakan Bimtek K-13 dan Peningkatan Kompetensi Pegawai

Kota Madiun (MIN2)- Dalam rangka mempersiapkan kualitas dan kompetensi guru dan karyawan tahun pelajaran baru 2019/2020, MIN 2 kota Madiun telah sukses selenggarakan bimbingan teknis (bimtek) kurikulum 2013 dan peningkatan kompetensi pegawai pada Rabu – Jumat tanggal 10-12 Juli 2019. Bertempat di ballroom i-club jalan Bali 17 Madiun yang megah dan dipandu oleh trainer dan motivator keren bapak Dr. H. Darmani, MA dari Balai Diklat Keagamaan Surabaya Propinsi Jawa Timur dengan diikuti oleh seluruh staff, karyawan, dan guru sebanyak 82 peserta.

Acara diawali dengan pembukaan oleh MC ibu Hanik Musyarofah, pembacaan ayat suci alquran oleh Bapak M. Asyhari, kemudian sambutan dari Kepala Madrasah Bapak Drs. Edy Purwanto, M.Pd tentang harapan kepada seluruh peserta untuk turut mensukseskan kegiatan bimbingan teknis k-13 serta peningkatan kompetensi pegawai, dilanjutkan dengan sambutan dari kepala Kemenag kota Madiun, Bapak Drs. Munir, M.Hum. Beliau menyampaikan arahan dan bimbingan berkaitan dengan kebijakan pelaksanaan pendidikan di madrasah, serta mengurai permasalahan di dunia pendidikan serta solusi yang bisa diterapkan, dan do’a pembuka acara oleh Bapak A. Budairi.

Acara inti dipandu oleh Ibu Dina dan Bapak Rakhmad secara bergantian sebagai moderator dari pemateri Bapak Dr. H. Darmani, MA, beliau menyampaikan uraian berkaitan dengan dinamika perkembangan K-13, pengolahan nilai pada revisi K-13, dan konsep dasar literasi. Selanjutnya peserta diajak untuk berkolaborasi dan berdiskusi berkaitan dengan langkah-langkah pembelajaran yang tepat sesuai dengan jenis model pembelajaran, selain itu peserta juga diajak untuk membuat pemodelan soal yang terintegrasi dengan LOTS, MOTS, dan HOTS. Secara keseluruhan materi yang disampaikan berjalan dengan lancar dan tidak monoton, dengan adanya game-game edukatif serta lagu-lagu yang menarik membuat para peserta tidak merasakan kejenuhan, hal ini terlihat dari antusiasme peserta yang mengikuti kegiatan hingga akhir.

“Kegiatan bimtek seperti ini baik sekali untuk meningkatkan SDM guru dan menambah semangat guru dalam mendidik anak bangsa, harapannya semua guru dapat maksimal mengikuti kegiatan ini dan ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan dengan baik dalam mendidik da mengajar siswa agar hasil yang diperoleh siswa bisa maksimal, selain itu guru juga sebaiknya senantiasa meng-upgrade terus ilmu dan pengetahuan demi menghantarkan peserta didiknya menjadi anak yang sholih dan sholihah yang dapat berguna bagi keluarga, nusa, bangsa dan agama. Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini dengan baik dan lancar” kata Bapak Drs. Edy Purwanto, M.Pd selaku kepala MIN 2 Kota Madiun.(ik)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *