MIN 2 Kota Madiun Semarakkan Pawai 1 Muharram 1441H/2019 dengan Menari Zapin

Kota Madiun (MIN 2)-Mengusung tema “Memaknai Tahun Baru Islam sebagai upaya Kebangkitan Umat Islam menggalakkan persaudaraan sebangsa dan setanah air Indonesia”, siswa-siswi kelas VI MIN 2 Kota Madiun dengan penuh semangat menari Zapin dalam menyemarakkan Pawai 1 Muharram pada hari Minggu (01/09). Mulai dari TK/MI, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MAN Se-Kota Madiun turut berpartisipasi dalam kegiatan Pawai Muharram ini.

Selain kelas VI, drumb band “Gema Nada Arsenio” juga ikut memeriahkan Pawai dengan menampilkan 5 lagu, yaitu: sholawat badar, panggilan jihad, api unggun, bentangkan tenda, dan mengapa keluh kesah. Semangat 1 Muharram turut mengalir di senandung-senandung yang dibawakan mulai dari start depan Masjid Baitul Hakim, Jl. Alun-alun Barat, Jl. Kolonel Marhadi, Jl. Jendral Sudirman, Jl. Dr. Sutomo, dan finsih di Jl. Pahlawan depan Balai Kota Madiun.

Pawai kali ini MIN 2 Kota Madiun menekankan pada penyampaian hijrah dengan simbol salah satu siswa menaiki onta dan diikuti barisan siswa yang sedang menari Zapin. Dalam konteks sejarah Islam, peristiwa hijrah itu dipilih sebagai tonggak penanda dimulainya kalender Islam. Tonggak itu dapat kita jadikan sebagai momentum transformasi menuju kehidupan yang lebih baik sesuai bidang masing-masing. Khususnya untuk komunitas muslim, perjuangan dibalik peristiwa hijrah dapat dijadikan sebagai pengingat akan arti pentingnya daya juang menegakkan Islam yang rahmatan lil aalamiin di tengah kehidupan masyarakat multikultural.

Selaku ketua panitia pelaksana, Kusyanto, S.Pd.I menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan Pawai 1 Muharrom ini, yaitu: memupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan sesama warga sekolah; menanamkan mental yang tangguh dengan berani tampil di depan umum; menanamkan jiwa religius; meningkatkan jiwa kemandirian, kompetisi, dan sportifitas peserta didik. Setelah kegiatan ini, semoga manfaat yang sudah disampaikan oleh ketua panitia tersebut dapat kita petik. (tan)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *