Outdoor Class Learning Siswa Kelas VI MIN 2 Kota Madiun Pelajari Permainan Tradisional

Kota Madiun (MIN 2). Bertempat di lapangan Kampir Kelurahan Kanigoro Kota Madiun, siswa-siswi kelas VI MIN 2 Kota Madiun mempelajari permainanan tradisional. Mereka tidak hanya belajar tentang teori tetapi mempraktekkan secara langsung permainan tradisional.

Ada beberapa permainan tradisional yang dipelajari dan dimainkan oleh siswa-siswi kelas VI diantaranya congklak, lompat tali, layang-layang, gundu atau kelereng, egrang batok, gasing dan bola bekel. Semua permainan tradisional itu mereka persiapkan dan bawa dari rumah masing-masing.

Serunya permainan yang mereka lakukan. Ada yang berlari, melompat, berteriak dan tertawa lepas. Tampak kegembiraan di wajah-wajah mereka. Mereka begitu menikmati permainan yang mereka lakukan. Mereka menemukan hal-hal baru yang tidak ditemukan selama belajar di dalam kelas.   

Mar’atu Sholikhah selaku koordinator kegiatan menyampaikan bahwa: “kegiatan ini merupakan kegiatan pembelajaran di luar kelas yang bertujuan untuk melatih siswa bersosialisai dengan teman dan lingkungan, menumbuhkan kebersamaan dan kekompakan, belajar menghargai kemenagan lawan serta belajar menerima kekalahan (membentuk jiwa sportifitas)”. Wali kelas 6C itu juga menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk meminimalisir pengaruh penggunaan gadget/HP yang membuat anak cenderung individualistis, kasar dan kurang peduli dengan lingkungan sekitar.

Kegitan ini berlangsung kurang lebih dua jam dimulai pukul 07.30 s/d 09.30 WIB dan ditutup dengan foto bersama wali kelas masing-masing.(kom)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *