MIN 2 Kota Madiun Terima Kunjungan Tim Visitasi Lomba Inovasi Pengelolaan Madrasah (LIPM) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur

Kota Madiun (MIN 2) – Pada hari Rabu, 13 November 2019 MIN 2 Kota Madiun menerima kunjungan tim visitasi Lomba Inovasi Pengelolaan Madrasah (LIPM) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Sekitar pukul 12.00 WIB tim penilai tiba di MIN 2 Kota Madiun dengan didampingi oleh Pengawas Pendidikan Agama Islam Kec. Taman, Janiyo.

Kehadiran tim disambut oleh kepala MIN 2 Kota Madiun beserta jajarannya serta siswa-siswi MIN 2 Kota Madiun yang telah bersiap rapi sejak pagi. Dengan diiringi bacaan shalawat yang dilantunkan oleh group hadroh MIN 2 Kota Madiun, tim diarahkan menempati tempat duduk yang telah disiapkan guna menikmati penampilan siswa-siswa MIN 2 Kota Madiun.

Ada dua penampilan yang disajikan untuk menyambut kehadiran tim yaitu shemaphore dance dan karate. Atraksi siswa-siswi ini berhasil memukai tim dan para penonton yang menyaksikan tampilan tersebut. Sorak sorai dan tepuk tangan meriah mengiringi atraksi siswa-siswi tersebut.

Selesai menikmati penampilan siswa-siswi, tim diarahkan untuk menuju aula Min 2 Kota Madiun untuk menerima penjelasan terkait kelas unggulan yang ada di MIN 2 Kota Madiun. Acara di aula dimulai dengan bacaan surat alfatihah dilanjutkan bacaan ayat-ayat suci Alquran, hafalan al-quran dari siswa-siswi kelas tahfidh, penampilan lagu “Indonesia Jaya” oleh Tsuraya Embun Quamilla, paparan kelas unggulan oleh Dina dan ditutup do’a oleh Achmad Budairi.

Ari Sugiantoro salah satu anggota tim visitasi Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa “madrasah yang baik tercermin dari data yang baik oleh karena itu pengelolaan madrasah harus dimulai dari data yang valid”. Ari juga merasa bangga atas upaya yang telah dilakukan MIN 2 Kota Madiun dengan tiga kelas unggulannya (olimpiade, tahfidh dan orsi ) serta prestasi-prestasi yang telah dicapai. Dengan prestasi-prestasi ini akan mampu mengikis stigma negatif yang selama ini melekat pada madrasah.

Kegiatan visitasi dilanjutkan dengan berkeliling kelas menyaksikan kegiatan pembelajaran di kelas unggulan MIN 2 Kota Madiun. Di kelas olimpiade tim menyaksikan siswa-siswi yang sedang asyik membuat robot melalui kegiatan pembelajaran lego robokids.  Kegiatan tilawatil quran bin-nagham disaksikan oleh tim di kelas unggulan tahfidh, sedangkan di kelas orsi tim menyaksikan kegiatan pembelajaran kaligrafi. Setelah kurang lebih tiga jam berada di MIN 2 Kota madiun, tim kembali ke Surabaya.(kom)

 

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *