34 Guru MIN 2 Kota Madiun Mengikuti Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi dan Kelas Online

Kota Madiun (MIN 2)– Sabtu  (16/11) sebanyak 34 guru MIN 2 Kota Madiun  mengikuti  “Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi dan Kelas Online”. Kegiatan workshop diselenggarakan oleh KKMI Kota Madiun di Aula Erlangga Kota Madiun.

Workhsop ini di mulai pukul 09.00 diawali dengan acara pembukaan. Di dalam acara pembukaan ini di buka oleh pengawas madrasah yaitu Drs. Mu’arifin, M.Pd. Beliau berpesan agar guru-guru selalu melakukan update pengetahuan untuk meningkatkan  kompetisi diri.

Setelah pembukaan kegiatan dimulai dengan kuis Kahoot oleh pemateri Bapak Galih Puji Mulyoto, M.Pd, kepada peserta. Ternyata peserta sangat antusias dalam kuis ini.  Tiga nilai teratas mendapatkan hadiah dari  pemateri.

Awal kegiatan workshop adalah pengenalan aplikasi online yang bisa digunakan oleh guru dari kegunaan dan manfaat. Aplikasi online tersebut diantaranya  Kahoot, Cassroom Screen, Sesaw, Padlet, Quipper, Google Duo, Zoho, dan lainnya.

Kemudian perserta diarahkan  untuk membuat akun dari aplikasi tersebut.  Kesempatan ini peserta membuat akun di aplikasi Kahoot. Dimulai dari pembuatan akun, membuat materi dan kuis langsung dipraktekkan di workshop ini. Ternyata mudah sekali untuk membuatnya dan peserta asyik membuatnya hingga disesi pertama.

Pada sesi kedua peserta belajar membuat vlog dengan menggunakan aplikasi Filmora. Dari mulai perekeman, pembuatan materi, mengedit hingga akhir pembuatan video. Akhirnya peserta menggugah di Youtube,  bahwa Vlog ini digunakan sebagai media pembelajaran.

Salah satu guru  MIN 2 Kota Madiun saat di tanya sangat senang sekali dan mendapatkan ilmu baru dari workshop ini. “Ilmu yang baru ini semoga bisa memotivasi saya untuk selalu bekarya dan membuatnya.  Saya senang sekali dan inggin mempraktekkan di madrasah”, tegas Bu Dewi.  (Mad)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *