Peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Pembinaan Guru/Karyawan MIN 2 Kota Madiun

Kota Madiun (MIN 2) – Pada Kamis (30/01) telah dilaksanakan peresmian Pelayaan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Pembinaan Guru/Karyawan MIN 2 Kota Madiun. Acara dihadiri oleh Munir selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Madiun, Kasi Pendidikan Madrasah Sigit Harianto, Ketua Komite Hari Wuryanto, anggota komite, kepala MI kota Madiun, beserta seluruh guru dan karyawan MIN 2 kota Madiun yang berlangsung dari pukul 12.30-14.30 WIB di kampus II.

Hanik Musyarofah selaku pembawa acara mengajak guru dan karyawan menyambut tamu undangan dengan bersholawat bersama. Kepala Kankemenag  kota Madiun dalam sambutannya menyampaikan, “Insyaa Allah Pelayanan Terpadu Satu Pintu ini akan memberikan pelayanan secara cepat, mudah,  dan tidak berbelit sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, dan juga meningkatkan citra MIN 2 Kota Madiun.” Beliau juga berpesan supaya semua warga MIN 2 Kota Madiun mempunyai komitmen bersama untuk memajukan madrasah sehingga muncul inovasi.

Pada sambutan kepala madrasah, Edy Purwanto menyampaikan PTSP merupkan program Kemenag kota Madiun, sehingga kepala madrasah berterima kasih kepada kepala Kantor Kementerian Agama kota Madiun yang terus mendorong terwujudnya  PTSP di MIN 2 kota Madiun. Harapan terbesar kami bisa memberikan pelayanan yang lebih baik dan membuat masyarakat lebih nyaman ketika berada di madrasah.

Peresmian secara simbolis ditandai dengan pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng nasi kuning oleh kepala Kankemenag Kota Madiun didampingi kasi pendma, kepala madrasah, ketua komite beserta anggota, tamu undangan dan bapak/ibu guru. Selanjutnya kepala Kankemenag dan tamu undangan berkeliling melihat ruang PTSP.

PTSP MIN 2 Kota Madiun menyediakan dua  layanan, yaitu eksernal dan internal. Layanan Eksternal meliputi; 1. Permohonan Surat Pindah Sekolah/Madrasah (Mutasi Keluar Siswa), 2. Permohonan Surat Pindah Sekolah/Madrasah (Mutasi Masuk Siswa), 3. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), 4. Legalisir Ijazah dan Raport, 5. Permohonan Ijin Penelitian/Observasi, 6. Permohonan Ijin KKN/PPL Mahasiswa, 7. Permohonan Surat Keterangan Aktif sebagai Siswa untuk Keperluan, PIP/BSM/Beasiswa dan Lomba, 8. Permohonan Surat Keterangan Pernah Menjadi Siswa, 9. Permohonan Surat Keterangan Pengganti Ijazah, 10. Permohonan Surat Keterangan Pembetulan Ijazah/SKHUN/SKHUAM/Raport, 11. Surat Keterangan Berkelakuan Baik, 12. Permohonan Sosialisasi,, 13. Permintaan NISN/NPSN, 14. Surat Keterangan Siswa Berprestasi. Layanan Internal, meliputi; 1. Penerbitan Surat Tugas, 2. Pembayaran Keuangan Komite Madrasah, 3. Administrasi Terkait Kepegawaian.

Setelah acara peresmian selesai, Kepala Kankemenag Kota Madiun didampingi Kasi Pendma dan kepala madrasah beserta seluruh guru/karyawan MIN 2 Kota Madiun menuju aula untuk melanjutkan acara  pembinaan. Acara dimulai dengan bacaan surat Al-fatihah, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars dan Hymne madrasah kemudian do’a dipimpin oleh Achmad Budairi dengan harapan semoga pembinaan ini berkah dan menjadikan guru/karyawan MIN 2 Kota madiun menjadi tenaga yang profesional. Sebelum pembinaan oleh kepala Kantor Kementerian Agama kota Madiun dilakukan pemberian cinderamata  dari kepala MIN 2 Kota Madiun kepada Kepala Kantor Kementerian Agama kota Madiun dan kasi pendma berupa buku hasil karya Sunarwan salah satu guru MIN 2 kota Madiun yang berjudul “Moderasi Beragama di Indonesia”.

Peresmian PTSP dan Pembinaan Guru/Karyawan ini semoga  dapat memberikan pelayanan yang lebih baik untuk mayarakat, khususnya warga MIN 2 Kota Madiun  Hasil pembinaan juga membuat guru/karyawan lebih bersemangat  menjadi tenaga yang profesional. Menjadi guru/karyawan harus profesional, berinovasi, menarik, mengajar karena panggilan jiwa bukan hanya karena panggilan kerja. Sehingga ada sinergi antara seluruh komponen yang ada di Madrasah. Tidak salah anda memilih Madrasah, karena Madrasah terus berbenah dan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. (tan)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *