Covid-19 Belum Usai, Pembelajaran Online MIN 2 Kota Madiun Diperpanjang

(Kota Madiun – MIN 2) Masa pembelajaran siswa di rumah yang diperpanjang dilaksanakan dengan berpedoman pada Panduan Kurikulum Darurat yang diterbitkan Kementerian Agama (Kemenag). Pembelajaran madrasah akan tetap menjamin keamanan, kesehatan, dan keselamatan siswa serta pelaksanaan pembelajaran bermutu akan tetap bisa dirasakan oleh siswa madrasah baik pada masa pemberlakuan PSBB maupun pada saat penerapan new normal.

Aktivitas pembelajaran madrasah pada masa pandemi Covid-19 berpedoman pada Kalender Pendidikan berjalan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama, yaitu Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2019/ 2020 yang akan berakhir pada  20 Juni 2020 serta Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/ 2021 yang akan dimulai tanggal 13 Juli 2020 mendatang.

Sementara itu, menyikapi himbauan dari Kementerian Agama untuk pembelajaran di rumah MIN 2 Kota Madiun memberikan beragam materi pembelajaran berbasis daring untuk para siswanya. Beragam materi tersebut disampaikan oleh tiap guru walikelas melalui grup paguyuban kelas. Pembelajaran dalam rangka darurat covid-19 ini tetap mengutamakan aspek sikap, keterampilan serta pengetahuan.

Setiap guru memiliki cara tersendiri untuk memberikan materi secara online. Ada yang memberikan rekaman atau video lagu,  quiziz, google class room, pembelajaran online media TVRI, maupun tugas online lainnya.  Sunarwan selaku Waka Kurikulum MIN 2 Kota Madiun mengatakan, “pembelajaran selama masa covid-19 tentu membutuhkan kesabaran dan ketelatenan bagi pendidik maupun peserta didik. Kita di MIN 2 selama ini menggunakan aplikasi google class, quiziz dan sebagainya. Untuk kedepan karena kita sudah memliki ELearning Madrasah kita akan memaksimalkan aplikasi daring tersebut”.

Banyak hal positif yang dapat diperoleh dan dirasakan selama pembelajaran berbasis daring,baik bagi guru maupun siswa. Guru menjadi bergairah untuk meningkatkan literasi IT , siswapun juga demikian.  Tentu ini menjadi hikmah tersendiri bagi kemajuan madrasah.  Selain itu warga madrasah berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan terbaik pada pembelajaran siswa madrasah di masa pandemi ini, baik pada pemberlakuan masa PSBB maupun pelaksanaan New Normal di madrasah.(rus)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *