Hayfa, Siswi MIN 2 Kota Madiun Raih TOP 15 Cerita Terbaik dalam Lomba Menulis Cerita Tingkat Nasional

Kota Madiun (MIN2)-Pandemi bukan alasan untuk hanya rebahan saja di rumah. Hayfa Rakhmawati Nugroho, siswi kelas 2D MIN 2 Kota Madiun itu berhasil membuktikan bahwa ia mampu berprestasi. Hayfa berhasil meraih TOP 15 cerita terbaik dalam lomba menulis cerita yang diakan oleh Wadas Kelir Publisher dari Jawa Tengah, dengan menyisihkan total peserta 106 dari usia 5-12 tahun se-Indonesia, Jum’at (26/06).

Ibunda Hayfa mendapat informasi lomba tanggal 11 Juni 2020 dan batas akhir pengiriman naskah tanggal 20 juni 2020. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat Hayfa untuk mengikuti lomba. Gadis cilik yang selalu ceria ini termotivasi mengikuti lomba karena sejak kelas I dia ingin menjadi penulis cilik seperti yang dia baca di novel atau komik anak. Sehingga dia ingin mengirimkan cerita bergambar yang selama ini sering dibuat. Akan tetapi, dia masih belum percaya diri. Sampai akhirnya, ada momen lomba menulis cerpen ini ada. Dia ingin sekali membuat tulisan untuk bisa dibaca oleh orang lain, karena selama ini hanya ibunya yg membaca tulisan-tulisannya.”

Sebagai orang tua, saya merasa sangat bersyukur karena jujur saya sangat tidak menyangka cerita yang dia tulis bisa masuk kategori 15 terbaik dari 106 karya peserta yg dilombakan. Sungguh semua ini terjadi atas izin dari Allah. Saya dan suami terharu karena disaat pandemi ini yang mana akses anak-anak saya untuk bertemu dengan bapaknya makin sulit dan keseharian kami di rumah saja bertiga tanpa bapaknya, Hayfa mampu membuat karya yang selama hidupnya akan dia kenang. Yang lebih membuat saya bersyukur adalah di usia Hayfa yang baru 8 tahun, sudah bisa berimajinasi untuk membuat cerita seperti itu. Sungguh 3 tahun lebih maju daripada masa kecil saya yang baru mulai ikut lomba menulis saat kelas 5 SD,” tutur ibunda Hayfa.

Untuk TOP 15 cerita terbaik ini diikutkan sebagai finalis dan karyanya akan dimuat dalam buku antologi kumpulan cerpen anak, yang mana ternyata siswi kelas 3C, Aulia Karmutia Mawardi juga berhasil menjadi salah satu dari 50 anak yang karyanya akan diterbitkan oleh Wadas Kelir Publisher. Walaupun belum bisa masuk dalam peringkat VI besar, ini sudah merupakan prestasi yang sangat membanggakan. Semoga dapat menjadi inspirasi untuk teman-temannya di MIN 2 Kota Madiun. (tan)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *