Penerimaan Raport Online MIN 2 Kota Madiun

Kota Madiun (MIN-2 ). Meski proses belajar mengajar di era pandemi COVID-19 dilaksanakan di rumah, MIN 2 Kota Madiun tetap melakukan kegiatan belajar secara online (e-learning). Begitu juga proses membagikan raport dilaksanakan secara online atau daring (dalam jaringan). Pada hari Sabtu, 20 Juni 2020 lalu, MIN 2 Kota Madiun telah melaksanakan penyerahan raport kenaikan kelas kepada para wali murid. Seluruh siswa/siswi kelas 1 s/d kelas 5 dinyatakan naik kelas 100%. Namun ada yang berbeda pada penyerahan raport kali ini, yaitu raport diserahkan kepada wali murid secara online (daring). Hal ini dilakukan masih dalam rangka mengantisipasi peluang penyebaran virus Covid-19. Pembagian raport daring ini menjadi pengalaman pertama bagi wali kelas dan wali murid.

“Penerimaan raport dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2020, dilaksanakan secara daring (online), dalam bentuk file PDF yang akan dibagikan oleh pembimbing akademik dengan tidak menghadirkan peserta didik dan orang tua ke madrasah untuk menghindari adanya kerumunan, sedangkan raport asli berstempel basah diserahkan pada saat kondisi telah aman dan memungkinkan untuk melakukan penyerahan raport, namun tetap dengan memperhatikan protocol kesehatan COVID-19″, kata Kepala MIN 2 Kota Madiun.

Dikatakannya lagi, apa yang dilakukan ini merupakan salah satu cara madrasah untuk tetap berkomunikasi dengan orang tua siswa walaupun terkendala dengan mewabahnya virus corona (COVID-19) yang mengharuskan tiada kegiatan tatap muka di madrasah. “Kita berusaha agar kegiatan di madrasah tetap berjalan tetapi mereka ( siswa dan orang tua) tidak masuk ke madrasah dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada. Sebelumnya juga sudah dikonfirmasi kepada orang tua siswa bahwa akan diadakan pembagian raport online” katanya.

Pun demikian, ada juga beberapa kendala yang muncul pada penyerahan raport daring kali ini. Karena penyerahan raport daring kali ini menjadi yang pertama bagi wali murid, beberapa wali belum bisa membuka raport secara daring, setelah beberapa kali diberikan pengarahan oleh wali kelas baru berhasil. Ada juga yang terkendala signal provider dan gagal mengunduh.

Penyerahan raport daring ini menjadi bukti shahih bahwa MIN 2 Kota Madiun memegang teguh komitmen dan pelayanan sebagai lembaga pendidikan yang terbuka pada perkembangan jaman. Walau demikian kita tentu selalu berharap COVID-19 segara berlalu.(Zul)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *