Siswa MIN Manisrejo Belajar Dagang untuk Masa Depan Cemerlang

Kurikulum 2013
Kurikulum 2013

Kota Madiun (MIN Manisrejo) – Kegiatan belajar mengajar akan berlangsung menyenangkan jika terjadi interaksi yang sinkron antara guru dan murid. Pada pelajaran tema hari Rabu ini (5/4) dengan bab ekonomi, siswa kelas 5 MIN Manisrejo mengalami sendiri salah satu pepatah yang mengatakan “sambil menyelam minum air”. Dengan mengadakan simulasi pasar tradisional, Bapak/Ibu guru mengenalkan anak-anak proses jual beli/ekonomi dagang. Sehingga, sambil belajar anak-anak bisa menghitung modal awal dan laba setelah barang dagangannya laku.

Afef dengan wajahnya yang nampak bersemangat berkata,”Pak pak untungnya banyak, seneng pak. Kapan-kapan lagi ya pak.” Wali kelasnya hanya tersenyum dan menjawab, “kalau jualan terus kapan blajarnya mas? Hehehehe.” Dengan melihat respon dan hasil dagang anak-anak terhadap simulasi pasar tradisional ini bisa dikatakan pelajaran tema tentang ekonomi berlangsung sukses.

Dalam pembelajaran kali ini, inovasi dan kreativitas dari Bapak/Ibu guru sangat berperan penting dalam mendukung proses belajar mengajar. Keaktifan dan semangat siswa terlihat jelas selama proses jual beli itu diadakan. Dengan adanya inovasi seperti ini, diharapkan dapat menginspirasi mata pelajaran lain dan membuat proses belajar mengajar lebih menyenangkan. (rbt)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *