Siswa MIN 2 Kota Madiun Berpartisipasi dalam Gerakan Kembali ke Pasar

Dinas perdagangan kota Madiun mengadakan kegiatan bagi para siswa siswi SD/MI di kota Madiun untuk mengunjungi Pasar Besar kota Madiun. Kegiatan ini di mulai pada tanggal 23 April 2018 dan berahir tanggal 5 Mei 2018. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda dalam rangka menggalakkan kampanye Gerakan Kembali ke Pasar yang bertujuan untuk mempromosikan dan mengenalkan adanya pasar tradisional di area Madiun sekaligus sebagai gerakan inovasi agar pasar rakyat senantiasa ramai dikunjungi dari masa ke masa. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang telah terlaksana selama 7 tahun sejak tahun 2012.

Rangkaian kegiatan kunjungan diawaali dengan do’a bersama yang dipimpin oleh Bapak Heru Purboyo, S.Pd. kemudian diikuti dengan pengarahan dari Ibu Erdetik Frida Fita, S.Pd. yang berlokasi di halaman sekolah kampus 2 MIN 2 Kota Madiun. Riuh kegembiraan terpancar di wajah para siswa dan siswi kelas 2C dan kelas 3C saat memasuki bus dari Dinas Perdagangan yang telah terparkir di depan kampus 2 MIN 2 Kota Madiun yang akan membawa ke lokasi kunjungan yaitu Pasar Besar kota Madiun.

Sesampainya di Pasar Besar, siswa diberi pengarahan oleh Bapak Samin selaku Kepala Unit Pasar Besar Kota Madiun. Beliau memberikan pengarahan berupa agenda kegiatan yang akan dijalani yaitu berbelanja di lantai 1 dimana berisi bahan kebutuhan sehari-hari berupa sembako (9 bahan pokok) dan aneka daging. Kemudian dilanjutkan dengan berkeliiling di lantai 2 yang berisi aneka kebutuhan sandang dan terakhir berkeliling di lantai 3 untuk melihat kolam renang. Beliau juga memaparkan bahwa di pasar Besar ini terdapat 1665 penjual resmi berdasarkan SK Walikota dan 800 pedagang ojokan (pedagang tidak tetap), pasar ini juga digunakan sebagai tempat perlombaan burung berkicau pada hari selasa dan sabtu dan pada malam hari digunakan sebagai pasar akik.

Setelah selesai pengarahan siswa berunjuk aksi untuk berbelanja bahan makanan pokok di lantai 1. Dengan berbekal uang belanja Rp 10.000,00 para siswa diperbolehkan untuk berbelanja dengan durasi waktu 30 menit mulai pukul 08.30 s/d 09.00. setelah itu naik ke lantai 2 dengan menggunakan eskalator untuk berkeliling di pusat bahan sandang kemudian terakhir naik ke lantai 3 untuk melihat aula pertemuan dan wahana kolam renang yang bisa digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa, dengan tarif hanya Rp 10.000,00 bagi pemula dan Rp 7.000,00 bagi yang sudah berlangganan. Kegiatan diakhiri foto bersama dengan para pengurus Pasar Besar dan pemberian cindera mata bagi para siswa yang bertuliskan slogan “Ayo berbelanja ke Pasar Rakyat”. Setelah pukul 10.00 siswa kembali di jemput oleh bus dan kembali pulang ke kampus 2 MIN 2 Kota Madiun. Ikromah

14Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *