“Safari  Religi” Kelas 3B di Pondok Pesantren  Wali Songo  Ngabar Ponorogo

Ponorogo-Pondok pesantren “Wali Songo” Ngabar merupakan salah satu pondok pesantren di daerah ponorogo yang telah berdiri sejak tahun 1961. Pondok pesantren ini telah berusia 57 tahun (tahun 2018) dengan alumninya  yang berjumlah 10.000 santri. Pondok pesantren ini, pada tahun 2018 ini memiliki santri sebanyak 1972 melingkupi santri putra dan putri. Kurikulum pesantren yang di desain dengan sangat modern dengan bahasa keseharian santri berupa bahasa inggris dan bahasa arab, serta fasilitas yang lengkap membuat pesantren ini  menjadi salah satu lembaga pendidikan yang diminati oleh masyarakat.

Kegiatan safari religi oleh kelas 3B MIN 2 Kota Madiun mengambil sasaran di pondok pesantren Wali Songo ini  merupakan salah satu agenda yang telah dirancang sejak awal tahun ajaran 2017/2018.  Kegiatan ini bertujuan agar para siswa kelas 3B mengenal dan mengetahui bahwa menimba ilmu di pesantren tidak kalah dengan sekolah lain pada umumnya bahkan pembelajaran di pesantren sangat komplit melingkupi  ilmu  agama dan ilmu umum.

Acara kunjungan ini diawali dengan berkeliling area pondok dengan didampingi tour guide dari santri putra dan putri, mereka menjelaskan secara detail fasilitas serta kegiatan  pondok yang dilakukan baik oleh santri putra maupun putri. Setelah 1 jam mengelilingi area pondok, para siswa kelas 3B diarahkan untuk menuju lantai 2 masjid. Para siswa diajak untuk mengikuti acara berikutnya yaitu pemberian santunan yatim piatu sebanyak 20 santri. Acara pemberian santunan ini dikemas dengan acara protokoler berupa 1. Pembukaan 2. Sambutan  dari Bapak KH  Tholhah, S.Ag 3. Sambutan dari ketua Rombongan yaitu Bapak Rohmat, S.Pd.I serta 4.Acara pemberian santuan. Seluruh donasi santunan berasal dari infaq pagi yang dikumpulkan oleh kelas 3B selama 1 tahun ajaran  sebesar  3,7 juta  kemudian digenapkan oleh wali murid sebanyak 1,3 juta sehingga total donasi mencapai 4 juta rupiah. Setelah acara pemberian santunan, rombongan kelas 3 B melanjutkan kunjungan di masjid agung ponorogo untuk melaksanakan sholat dhuhur berjama’ah.

Kegiatan penutup adalah acara di Ponorogo City Center (PCC), acara ini merupakan acara pisah kenal antara wali kelas 3B yang lama yaitu Bapak Rochmad, S.Pd.I dengan wali kelas yang baru di kelas 4B yaitu Ibu Nanik Rahmawati, S.Pd.I, sekaligus tasyakuran kenaikan kelas. Pada Acara ini bapak Rochmad memberikan wejangan kepada para wali murid dan para siswa kelas 3B yang naik ke kelas 4B untuk senantiasa menambah semangat belajar sekaligus agenda yang telah dilaksanakan selama beliau menjadi wali kelas dapat istiqomah dilakukan selama kegiatan tersebut memberikan manfaat yang positif. (Ikromah)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *