MIN 2 Kota Madiun Mengadakan Kirab Hari Santri Nasional Tahun 2018

Kota Madiun (MIN2) – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2018 MIN 2 Kota Madiun mangadakan kirab.  Kirab yang diikuti seluruh siswa-siswi dan bapak ibu guru MIN 2 kota Madiun ini mengambil start di depan kampus I Jl. Tanjung Raya Kota Madiun, dilanjutkan jalan Setya Budi, Jl. Tanjung Manis, Jl. Kelapa Manis dan kembali ke jalan Tanjung Raya sebagai tempat finish.

Kirab dimulai pukul 07.30 dan berakhir pukul 08.30. Selama perjalanan, para peserta yang berbalut busana muslim putih, begitu antusias mengikuti kegiatan ini.  Selain itu para peserta membawa  spanduk, baner dan papan yang bertuliskan slogan-slogan tentang  hari santri. Sambil  melantunkan Mars Hari Santri Nasional dan Mars “Subbanul Wathan”mereka membawa berbagai slogan dan tema Hari Santri Nasional 2018.  Adapaun tema Hari Santri Nasional tahun ini adalah “Bersama Santri Damailah Negeri”.

Dengan kegiatan ini semoga siswa-siswi dapat meneladani sikap dan akhlaq para santri, dapat menjadi generasi penerus yang  hebat dan berakhlakul karimah.

 

Sejarah Hari Santri

Sejarah perjalanan bangsa Indonesia tidak lepas dari dari peran kaum santri. Perjuangan meraih kemerdekaan sampai mempertahankan kemerdekaan, kaum santri ikut andil di dalamnya. Gerakan-gerakan perlawanan terhadap penjajah seperti yang terjadi di Aceh, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Makassar dan sejumlah daerah lain di Indonesia banyak dilakukan oleh kaum santri.

Sebagai bentuk penghargaan pemerintah terhadap peran para santri dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, maka tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional. Penetapan ini tertuang dalam Keppres Nomor 22 tahun 2015 yang ditandatangani langsung oleh presiden RI Joko Widodo. “Saya menyatakan secara resmi tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional”, ujar presiden Joko Widodo saat mendeklarasikan Hari Santri Nasional di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (21/10/2015). (kom)

 

7Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *