MIN 2 Kota Madiun Go To Jogjakarta

Kota Madiun (MIN 2). Ada suasana berbeda pagi dini hari itu di halaman kampus I MIN 2 Kota Madiun. Halaman madrasah kampus I pagi dini hari yang biasanya sepi, hari itu sudah ramai dipenuhi olah para siswa dan orang tua wali murid MIN 2 Kota Madiun. Mereka sengaja berkumpul untuk persiapan perjalanan study tour ke Jogjakarta. Ada beberapa destinasi yang akan mereka kunjungi di sana. Mereka akan mengunjungi taman satwa Gembiraloka dan wahana wisata air Jogja Bay. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 13 November 2018 dan diikuti oleh seluruh siswa kelas VI mulai kelas IVA – F.

Sebelum acara pemberangkatan para siswa mengikuti pengarahan-pengarahan yang disampaikan kepala madrasah, ketua panitia dan petugas dari biro perjalanan. Dalam pengarahannya kepala madrasah menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan sebagai sarana menambah ilmu dan wawasan sekaligus refreshing setelah kegiatan penilaian tengah semester. Kepala madrasah juga berpesan selama mengikuti kegiatan agar para siswa tetap menjaga kesopanan dan akhlakul karimah baik dalam perkataan dan tindakan.

Setelah acara persiapan selesai, para siswa mulai memasuki kendaraan masing-masing. Ada empat armada bus yang digunakan dalam kegiatan ini. Masing-masing bus berisi kurang lebih 50 orang. Sekitar pukul 02.05 WIB, rombongan mulai berangkat meninggalkan madrasah. Setelah perjalanan kurang lebih satu setengah jam rombongan berhenti di kota Sragen untuk melaksanakan solat subuh berjamaah. Selesai solat subuh, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Jogjakarta. Tepat pukul 07.00 peserta sampai di Jogjakarta, rombongan diarahkan untuk makan pagi di salah satu rumah makan yang telah dipersiapkan oleh biro perjalanan. Selesai makan pagi seluruh rombongan menuju destinasi pertama yaitu taman satwa Gembiraloka.

Didalam taman satwa Gembiraloka banyak zona yang dapat dikunjungi para pengunjung. Ada zona reptil, zona burung, zona aquarium dan lain-lain. Dengan melihat satwa satwa yang ada di sana, para siswa dapat melakukan pengamatan langsung terhadap perilaku dan kehidupan para satwa di dalam habitatnya. Hal ini tentu akan berbeda dengan kegiatan pembelajaran yang hanya dilakukan di dalam kelas. Kegiatan di lokasi ini berlangsung sampai dengan pukul 10.00 WIB. Selanjutnya rombongan melanjutkan perjalanan menuju taman wisata air Jogja Bay.

Setelah melakukan perjalanan kurang lebih satu jam rombongan tiba di taman wisata air Jogja Bay. Rombongan diarahkan untuk memasuki museum air. Di dalam musium para rombongan disajikan sejarah air bersih yang berasal dari bendungan Jogjakarta sejak jaman Belanda sampai saat ini yang masih bisa dinikmati oleh masyarakat di sana. Didalam musium air juga disajikan replika hutan hujan tropis. Disajikan pula manfaat air bersih bagi kehidupan, terjadinya siklus air dan masih banyak lagi hal-hal yang terkait dengan manfaat air bersih. Selesai di musium air, para siswa melakukan renang di kolam renang Jogja Bay. Ada yang berenag di kolam dangkal, dalam dan berombak, ada pula yang bermain di kolam luncur. Tampak para siswa begitu menikmati wahana yang ada di tempat ini. Kegiatan di lokasi ini berlangsung kurang lebih 3 jam. Pukul 16.00 romongan bersiap kembali menuju Kota Madiun.

Dengan kegiatan ini semoga para siswa dapt memperoleh ilmu dari pengalaman langsung yang mereka lakukan serta dapat merefresh kembali fikiran sehingga siap menghadapi Penilaian Akhir Semester dan Ujian Akhir Sekolah/Madrasah yang akan datang.(kom)

38Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *