Info Madrasah
Sunday, 17 Oct 2021
  • Tahun Pelajaran baru dimulai pada tanggal 12 Juli 2021

MIN 2 KOTA MADIUN SUKSES GELAR PAT SECARA ONLINE

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Pendidikan

KOTA MADIUN  (MIN 2 KOTA MADIUN) – Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa. Di masa pandemi saat ini, PAT tidak memungkinkan untuk dilaksanakan secara tatap muka, meskipun demikian PAT harus tetap dilaksanakan sebagai salah satu pertimbangan pada saat kenaikan kelas nantinya.  Oleh karena itu, Edy Purwanto selaku kepala madrasah MIN 2 mengambil kebijakan untuk melaksanakan PAT secara online.

Penilaian Akhir Tahun (PAT) online melalui laptop atau smartphone dilaksanakan mulai tanggal 04  – 12 Juni 2021. PAT online dilaksanakan agar siswa tetap belajar dan berprestasi di tengah pandemi Covid-19. “ Setiap hari terdapat satu atau dua mata pelajaran yang harus diikuti oleh siswa. Bagi siswa yang berhalangan mengerjakan PAT di pagi hari, bisa mengikuti ujian susulan pada jam 19.00 – 22.00 WIB. Ujian susulan ini diadakan untuk siswa yang orang tuanya bekerja sehingga mereka  bisa mengerjakan PAT susulan di malam hari,” Jelas Wakakur MIN 2 Dina.

Menurutnya, PAT secara online ini dirasa lebih efektif dan efisien. Panitia PAT cukup membuat soal melalui googleform tanpa proses pencetakan soal yang biasanya menghabiskan banyak kertas. Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan PAT online. Hal ini terlihat dari keikutsertaan dan hasil yang diraih siswa memuaskan. “Siswa hanya perlu mengakses link googleform, kemudian mengisi identitas diri dan memasukkan token untuk membuka soal yang sudah disiapkan oleh panitia,” tegasnya.

Selanjutnya, siswa mengerjakan ujian PAT menggunakan googleform. Penggunaan aplikasi googleform memudahkan guru karena nilai hasil ujian siswa langsung muncul. Walaupun, menurut Dina, PAT secara online juga mengalami beberapa kendala seperti sinyal internet yang kurang bagus, pengisian token yang kurang teliti, maupun error saat sedang mengerjakan ujian. Semangat siswa untuk mengerjakan PAT online secara jujur serta dukungan orang tua merupakan kunci sukses untuk mengerjakan PAT online. Semoga, anak – anak mendapatkan hasil yang memuaskan. (ING)


Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar