Info Madrasah
Wednesday, 22 Sep 2021
  • Tahun Pelajaran baru dimulai pada tanggal 12 Juli 2021

Serba-serbi Seleksi Kelas Unggulan MIN 2 Kota Madiun

Diterbitkan : - Kategori : Artikel

Kota Madiun(MIN2)-Kelas unggulan merupakan kelas yang disediakan untuk anak-anak yang memiliki potensi di bidang akademik dan non akademik. Panitia MIN 2 Kota Madiun mengadakan seleksi untuk kelas II dan III di tahun ajaran baru 2021/2022 setelah ditiadakan kelas unggulan di tahun ajaran sebelumnya. Awalnya akan diadakan seleksi secara luring. Namun adanya kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Kota Madiun akibat pandemi Covid-19, kegiatan seleksi diadakan secara daring (8/7).

Sebelum pandemi Covid-19, syarat utama pendaftar kelas unggulan yaitu anak-anak yang mendapat peringkat 1-10 di kelas satu. Namun, sekarang dibuka pendaftaran untuk semua yang berkeinginan mengembangkan potensinya di bidang akademik maupun keagaamaan, yaitu dengan mendaftar di kelas Cerdas Istimewa atau kelas Tahfidh. Kelas Olahraga ditiadakan karena tidak memungkinkan untuk pembelajaran secara luring.

Pendaftaran kelas unggulan pada 30 Juni sampai 3 Juli. Kemudian, diadakan uji coba 2 kali karena menggunakan CBT E-Ujian yang belum familiar di kalangan wali murid supaya tidak ada kendala ketika seleksi berlangsung tanggal 8 Juli. Dengan CBT E-Ujian panitia penyeleksi ujian dapat mengawasi peserta secara langsung karena wajib menyalakan kamera HP android/Laptop.

Materi seleksi kelas Cerdas Istimewa (Olimpiade) meliputi tes tulis Matematika (aritmatika, matematika olimpiade, dan materi kelas atas semester 1), Bahasa Inggris, IPA (Sains Olimpiade dan materi IPA kelas atas semester 1), dan tes tulis PAI MI Terintegrasi. Kelas Tahfidh meliputi tes tulis dengan materi PAI Terintegrasi dengan Matematika dan tes hafalan meliputi hafalan surah wajib dan surah pilihan.

Kegiatan seleksi secara daring berjalan lancar. Semoga bisa menjaring siswa-siswi yang bersungguh-sungguh ingin meningkatkan potensi di bidang akademik dan keagamaan. Hasil seleksi akan diumumkan Jum’at, 9 Juli 2021 di website MIN 2 Kota Madiun. (tan)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar