Saturday, 21-05-2022
  • Selamat Datang di Website Resmi MIN 2 Kota Madiun

Penanaman dan Pemeliharaan Pohon untuk Lingkungan Madrasah yang Asri

Diterbitkan : - Kategori : Artikel

Lingkungan madrasah adalah suatu tempat dimana terdapat mahluk hidup beserta ekosistem di dalamnya yang saling berhubungan satu sama lain. Di dalam lingkungan madrasah terdapat berbagai macam mahluk hidup, yaitu manusia, tumbuhan serta hewan. Tidak hanya itu di dalam suatu lingkungan madrasah juga terdapat biota-biota didalamnya seperti batu, tanah, air, dan sebagainya. Tetapi di balik makhluk dan benda yang ada di dalamnya selalu ada campur tangan manusia yang berdampak pada lingkungan tersebut. Terkadang campur tangan manusia itu ada yang berdampak positif dan ada juga yang berdampak buruk pada lingkungan.

Masalah lingkungan madrasah timbul karena kecerobohan manusia dalam pengelolaan lingkungan yang belum tepat. Lingkungan madrasah mendapat tempat perhatian dan sumber pengkajian yang serius sehingga dapat dikatakan bahwa kelestarian lingkungan merupakan sumber daya alam yang wajib kita semua lestarikan dan tetap menjaga kelanjutannya untuk kehidupan umat manusia. Dua hal yang paling esensial dalam kaitannya dengan masalah pengelolaan lingkungan hidup adalah timbulnya pencemaran dan perusakan lingkungan hidup.

Program untuk penanaman dan pemeliharaan pohon di MIN 2 Kota Madiun dilakukan oleh kelompok siswa dan guru yang mempunyai tujuan yang sama yaitu melestarikan lingkungan madrasah agar menjadi lingkungan yang betah untuk belajar. Para siswa yang tergabung dalam kelompok akan melakukan penanaman pohon. Selain itu pemeliharaan juga dilakukan untuk pohon yang sudah mulai tumbuh.

Pemeliharaan terhadap pohon yang baru juga dilakukan secara berkala. Usaha ini dilakukan dengan cara menyiram dan mencabut gulma yang ada di sekitar pohon yang baru tumbuh tersebut. Penanaman pohon akan menjadi sia-sia jika tidak ada pemeliharaan sesudahnya.

Lingkungan madrasah akan menjadi asri dan nyaman ditempati jika para penghuninya sadar akan pentingnya pohon dan tumbuhan yang hidup di lingkungan sekolah. Ketika semua guru dan siswa saling bersinergi untuk selalu menjaga lingkungan khususnya pohon dan tumbuhan maka akan tercipta lingkungan belajar yang nyaman.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Archives

Statistik

Categories