Saturday, 13-08-2022
  • Selamat Datang di Website Resmi MIN 2 Kota Madiun

Verifikasi Lapangan Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 di MIN 2 Kota Madiun

Diterbitkan : - Kategori : event / News

Kota Madiun (MIN 2). Bertepatan dengan hari Selasa, MIN 2 Kota Madiun sedang dilaksanakan verifikasi lapangan Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi (CSAP) Jawa Timur Tahun 2022 (07/06). Verifikasi lapangan ini merupakan tindak lanjut dari pengiriman berkas administrasi yang dinyatakan lolos oleh DLH Provinsi Jatim yang telah dikirim pada bulan Februari lalu.

Aspek penilaian mencakup: 1) Aspek kebijakan sekolah yang memiliki wawasan lingkungan hidup, 2) Aspek kurikululum sekolah yang berbasis lingkungan hidup, 3) Aspek pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan dan 4) Aspek kegiatan lingkungan yang berbasis partisipatif. Terdapat lima pokja yaitu Pokja Pengelolaan Sampah, Pokja Konservasi Air, Pokja Konservasi Energi, Pokja Kebersihan Sanitasi dan Drainase dan Pokja Pemeliharaan Tanaman dan Pembibitan. Tim verifikator ada dua yaitu Warsiati dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Pilut Sasongko dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur. Kedatangan para verifikator ini disambut oleh kepala madrasah, bapak/ibu guru MIN 2 Kota Madiun dan siswa-siswi Duta Lingkungan MIN 2 Kota Madiun serta kader adiwiyata pada masing-masing pokja. Serta penampilan dari siswa-siswi yang menampilkan tarian tradisional dan anggota Pramuka yang menampilkan yel-yel. Selain itu hadir pula Abdul Wahid selaku Kepala Kemenag Kota Madiun beserta staf dan Hari Wuryanto selaku Ketua Komite MIN 2 Kota Madiun.

Tahapan verifikasi lapangan ini dimulai dengan pengecekan berkas oleh kedua verifikator tersebut. Kemudian mengunjungi masing-masing pokja serta melihat kondisi fisik berbagai sarana fisik diantaranya kebersihan lingkungan, kebun toga, greenhouse, lubang biopori, saluran pembuangan air dan lainnya. Sebagai verifikator Warsiati atau yang akrab disapa Bu Denok menyampaikan bahwa agar segenap warga madrasah senantiasa kompak dan solid dalam mengembangkan karakter dalam berbudaya dan peduli lingkungan melalui berbagai aspek dan mata pelajaran yang dapat diintegrasikan dalam aksi peduli lingkungan khususnya di sekitar madrasah. Serta Nanang Sholikin selaku mitra kader adiwiyata menyampaikan bahwa jangan lelah untuk selalu berbuat baik dalam mengembangkan aksi peduli lingkungan, tetap jaga soliditas dan solidaritas antar warga madrasah agar tercipta suasana belajar yang menyenangkan dalam bingkai peduli lingkungan melalui program adiwiyata.

Terima kasih kepada seluruh keluarga besar MIN 2 Kota Madiun yang telah membantu berpartisipasi dalam CSAP Tahun 2022 ini. Semoga kerja keras ini akan membuahkan hasil yang terbaik dan perilaku peduli lingkungan menjadi kebiasaan anak-anak dan dapat diimplementasikan di lingkungan sekitar tempat tinggal mereka. (okt)

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan

Archives

Statistik

Categories