::   62 8000 xxx   min2kotamadiun@gmail.com
Info Sekolah
Wednesday, 07 Aug 2024
  • Selamat Datang di Web Resmi MIN 2 Kota Madiun
17 June 2023

MIN 2 Kota Madiun Selenggarakan Kegiatan P5 Pemanfaatan Literasi Digital pada Siswa

Saturday, 17 June 2023 Kategori : Artikel / event / News

Kota Madiun (MIN 2) – MIN 2 Kota Madiun gelar kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Sabtu, 17 Juni 2023. Mengambil tema gaya hidup berkelanjutan, sebagai salah satu wujud implementasi kurikulum merdeka fase A dan B. Serangkaian  kegiatan dikemas menarik dalam bingkai pemanfaatan literasi digital dan diikuti oleh seluruh siswa kelas 1 dan 4.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa kelas 1 diawali dengan persiapan mencari informasi tentang makanan dari bahan tradisional dilanjutkan perencanaan dengan wali kelas masing-masing. Selesai tahap perencanaan, dilanjutkan aksi mencari informasi di rumah masing-masing serta mencari bahan secara bersama-sama di Pasar Kojo Madiun. Kemudian siswa mempraktikkan cara membuat suatu produk makanan sederhana berbahan dasar ketela dan puncaknya diadakan bazar dari makanan yang telah dibuat.

siswa kelas1 melaksanakan aksi P5

Sedangkan untuk siswa kelas 4, kegiatan yang dilakukan berbeda dengan siswa kelas 1. Untuk siswa kelas 4 kegiatan diawali dengan perencanaan dengan walikelas dan guru pendamping. Kemudian dilanjutkan dengan konsultasi bersama tim website MIN 2 Kota Madiun mengenai literasi digital. Mereka juga diajari untuk memproduksi konten poster maupun quotes kemudian diupload pada media sosial masing-masing. Selain itu mereka juga diajari bagaimana mencari informasi di internet serta membuat resume. Sebagai hasil akhir dari proyek ini adalah karya siswa yang telah diupload dan laporan digital yang dikirim melalui google form.

Dengan aktivitas-aktivitas yang telah dilaksanakan dalam P5 ini diharapkan bisa menambah wawasan peserta didik dalam hal literasi digital serta sikap bertanggung jawab dalam menggunakan media sosial. “Dengan adanya kegiatan P5 ini diharapkan bisa menambah wawasan peserta didik terutama dalam hal literasi digital sebagai bekal menghadapi perkembangan zaman. Selain itu agar peserta didik cerdas dan bijak menggunakan media sosial”, terang Mustain Ashari selaku wakil kepala bidang kurikulum. (rus)

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah (PPDBM)   MIN 2 Kota Madiun Tahun Pelajaran 2024/2025
Assalamualaikum wr.wb Dengan hormat, Bersama ini kami sampaikan hasil Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah (PPDBM) ..

Agenda

28
Jan 2023
waktu : 06:00
27
Jan 2023
waktu : 06:00
24
Jan 2023

Categories

Statistik

Archives

Video Terbaru

Info Madrasah

MIN 2 Kota Madiun

NSPN : 60720865
JL. TANJUNG RAYA NO. 16 MANISREJO KOTA MADIUN
EMAIL min2kotamadiun@gmail.com