Info Madrasah
Sunday, 17 Oct 2021
  • Tahun Pelajaran baru dimulai pada tanggal 12 Juli 2021

SEMANGAT BELAJAR DI TENGAH PANDEMI

Diterbitkan :

Semangat Belajar di Tengah Pandemi

Oleh : Inge Purwati Oktavia, S.Pd.

Wali Kelas 2 MIN 2 Kota Madiun

 

Pandemi Covid-19 yang terjadi di hampir seluruh dunia termasuk Indonesia. Pandemi Covid – 19 membawa beberapa perubahan kebiasaan pada kehidupan sehari – hari.  Pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar  (PSBB) dalam seluruh aspek kehidupan. Salah satu yang terdampak pandemi adalah pendidikan. Selama masa pandemi, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring atau online untuk mengurangi interaksi dan menekan angka penyebaran Covid – 19.

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Penerapan pembelajaran daring   MIN 2 Kota Madiun dilakukan menggunakan aplikasi E-learning.

E-learning adalah sebuah aplikasi produk madrasah yang ditujukan untuk menunjang poses pembelajaran di madrasah mulai dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Aplikasi ini terdiri dari 6 role akses yaitu 1) Operator madrasah;  2) Guru mata pelajaran; 3) Guru bimbingan konseling; 4) Wali kelas; 5) Siswa;  dan 6) Supervisor. Selain menggunakan aplikasi e-learning, para guru juga menggunakan beberapa aplikasi lain seperti Zoom, Google Meet dan Youtube.

LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) Provinsi Lampung menyatakan bahwa “Pembelajaran secara online memiliki beberapa dampak positif diantaranya yaitu : a) Meningkatkan interaksi belajar antara pembelajar dan pengajar (Enhance interactivity); b) Memungkinkan belajar dimana saja dan kapan saja (Time and place flexibility); c) Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (Potential to reach global audience) ; d) Mempermudah penyimpanan dan penyempurnaan dalam belajar (Easy updating of content as well as archivable capabilities) ; e) Membangun komunitas”.

Semangat belajar di tengah pandemi dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar adalah sebuah pendorong yang membuat seseorang akan tertarik untuk belajar secara terus – menerus. Berikut ini cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa :

  1. Meningkatkan kualitas guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
  2. Memilih metode pembelajaran yang tepat
  3. Memaksimalkan Fasilitas Pembelajaran
  4. Memanfaatkan Penggunaan Media
  5. Melakukan Evaluasi Pembelajaran

Selain dari  cara yang telah disebutkan di atas, ada satu hal lagi yang paling penting untuk menghadapi pembelajaran ditengah pandemi yaitu “SEMANGAT” dari seorang guru yang harus tetap dalam kondisi “NAIK” meskipun dalam kondisi pandemi. Salam Semangat ! MIN 2 Kota Madiun, Madrasah Hebat Bermartabat !

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar