::   62 8000 xxx   min2kotamadiun@gmail.com
Info Sekolah
Friday, 19 Jul 2024
  • Selamat Datang di Web Resmi MIN 2 Kota Madiun
13 June 2023

Kelas Inovasi MIN 2 Kota Madiun Sukses Gelar KOMATAP dan MULTAQA

Tuesday, 13 June 2023 Kategori : Kesiswaan / News

Kota Madiun (MIN 2) – Kegiatan rutin akhir tahun pelajaran sukses digelar oleh Kelas Inovasi MIN 2 Kota Madiun. Kelas Inovasi Olimpiade menggelar Kompetisi Akhir Tahun Pelajaran (KOMATAP) sedangkan Kelas Inovasi Tahfidz menggelar Musabaqah Li Tahfidzil Qur’an (MULTAQA). Masing-masing agenda tersebut wajib diikuti oleh siswa-siswi Kelas Inovasi yang berada di Kelas Olimpiade mengikuti KOMATAP yaitu Kelas 2C, 3C, 4C, dan 5C dan Kelas 6C sudah melaksanakan KOMATAP pada Senin, 29 Mei 2023, sedangkan untuk MULTAQA diikuti oleh seluruh siswa-siswi yang berada di Kelas Tahfidz yaitu Kelas 2D, 3D, 4D, 5D dan 6D (13/02).

Pelaksanaan KOMATAP dan MULTAQA dilaksanakan setelah kegiatan Sumatif Akhir Tahun (SAT) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) berakhir. Kegiatan KOMATAP dilaksanakan dengan anak-anak mengerjakan soal-soal olimpiade berupa olimpiade matematika, IPA, dan Bahasa Inggris secara online melalui aplikasi e-ujian selama 90 menit yang berlangsung mulai pukul 07.30 – 09.00 WIB. Masing-masing anak diwajibkan membawa laptop atau smartphone untuk mengikuti KOMATAP. Dalam kejuaraan ini diambil pemenang dengan nilai kumulatif tertinggi. Jika ada nilai yang sama maka akan diambil yang tercepat. Jika terjadi nilai sama dan waktu sama maka diambil dengan kesalahan yang paling sedikit. Anak-anak berhak mendapatkan medali juga sertifikat pada setiap jenjangnya yaitu sebanyak 5 medali emas, 5 medali perak, dan 5 medali perunggu.

Kegiatan MULTAQA terdiri atas hafalan surat wajib dan sambung ayat. Untuk Kelas 2 Surah Al Qodr, Kelas 3 Surah Al Ad-Dhuha, Kelas 4 Surah Al Ghosyiyah, Kelas 5 Surah Al Baqarah Ayat 21-30 dan Kelas 6 Surah Al Baqarah Ayat 21-30. Sedangkan untuk sambung ayat, juri menyebutkan nama surat dan membacakan 1 ayat, peserta meneruskan 3 ayat selanjutnya dari surat tersebut. MULTAQA berlangsung mulai pukul 07.30 – 11.00 WIB. Kriteria penilaiannya adalah tajwid dan makhraj, kelancaran dan ketepatan. Jika ada peserta yang memperoleh nilai yang sama, maka yang akan menentukan adalah tajwidnya. Jika salah melanjutkan surat/ayat juri akan memberikan tanda, peserta boleh mengulang satu kali. Pemenang lomba diambil Juara I,II, dan III baik putra maupun putri. Juara I sampai III berhak mendapat trophy dan sertifikat.

Lusy Yuniastuti selaku koordinator Kelas Olimpiade menyampaikan bahwa kegiatan rutin ini dilaksanakan untuk melatih mental siswa, menang bukanlah tujuan utama tapi menciptakan jiwa yang kompetitif mengikuti lomba atau kejuaraan di luar dengan sportif.

Achmad Budairi selaku koordinator Kelas Tahfidz menambahkan pula MULTAQA merupakan lomba antar siswa MIN 2 Kota Madiun jurusan Tahfidz sebagai ajang kompetisi siswa dalam menghafal Al-Qur’an dengan lomba ini diharapkan siswa semakin semangat dalam menghafal Alqur an, semakin berprestasi dan menjadi generasi qur’ani.

Semoga dengan kompetisi yang diikuti siswa-siswi menjadi penyemangat untuk mengikuti perlombaan dan menambah percaya diri pada masing-masing siswa. (OKT)

No Comments

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah (PPDBM)   MIN 2 Kota Madiun Tahun Pelajaran 2024/2025
Assalamualaikum wr.wb Dengan hormat, Bersama ini kami sampaikan hasil Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah (PPDBM) ..

Agenda

28
Jan 2023
waktu : 06:00
27
Jan 2023
waktu : 06:00
24
Jan 2023

Categories

Statistik

Archives

Video Terbaru

Info Madrasah

MIN 2 Kota Madiun

NSPN : 60720865
JL. TANJUNG RAYA NO. 16 MANISREJO KOTA MADIUN
EMAIL min2kotamadiun@gmail.com